Perbedaan Bunga Kamboja dengan Adenium


Bunga Kamboja dan Adenium (Kamboja Jepang) adalah dua style bunga yang berbeda, walaupun tetap berkerabat, yakni sama-sama famili Apocynaceae. Banyak yang tidak memahami perbedaan Adenium dan Kamboja, bahkan berasumsi pada keduanya sebagai style bunga yang sama. Kamboja sebagai bunga yang normal dan Kamboja Jepang (Adenium) sebagai versi Kamboja berukuran mini atau bonsai. Padahal perbedaan pada keduanya dapat langsung dilihat berasal dari genusnya yang berbeda, di mana Kamboja Jepang berasal dari genus Adenium sedangkan Kamboja berasal dari genus Plumeria.

Anggapan bunga Kamboja dan Adenium sebagai bunga yang tidak tidak serupa kemungkinan dipicu berasal dari karakteristik tumbuhannya yang mirip. Pun dapat menjadi lantaran penyebutan Adenium sebagai Kamboja Jepang. Padahal pemakaian nama Kamboja Jepang justru menyesatkan karena pertama, Adenium bukanlah style Kamboja dan miliki perbedaan bersama kamboja. Kedua, Adenium bukan berasal berasal dari Jepang.

Selain miliki perbedaan pada Kamboja dan Adenium, tentu keduanya miliki persamaan agar sering dipersamakan. Persamaan pada keduanya pada lain keduanya saat ini sering ditanam sebagai tanaman hias; karakteristik dan ciri pohon dan batang sekilas mirip; batangnya sama-sama mengeluarkan getah waktu dilukai; dan dapat tumbuh baik di tempat yang kering bahkan condong menjadi bunga yang enteng perawatannya. Baca Juga : Bunga Valentine Cantik & Murah

Perbedaan Antara Adenium dan Kamboja
Beberapa fakta perihal keduanya di bawah ini kemungkinan dapat melukiskan perbedaan pada Adenium atau Kamboja Jepang bersama Kamboja secara jelas. Adapun perbedaan-perbedaan selanjutnya pada lain :

• Asal Usul
o Kamboja berasal berasal dari Amerika Tengah, Meksiko, Karibia, dan Amerika Selatan.
o Adenium atau Kamboja Jepang berasal berasal dari Afrika dan Semenanjung Arab.

• Genus
o Kamboja adalah kumpulan tumbuhan yang dikelompokkan didalam genus Plumeria.
o Adenium (Kamboja Jepang) adalah kumpulan tumbuhan yang dikelompokkan didalam genus Adenium.

• Sosok Pohon
o Kamboja miliki pohon yang tinggi dan besar bersama tinggi mencapai 6 meter
o Adenium miliki pohon yang kecil agar sering dibudidayakan didalam pot.

• Batang
o Kamboja (Plumeria) berbatang kecil (jika dibandingkan bersama sosok pohonnya) memanjang tanpa wujud umbi. Batang utama mengeras.
o Kamboja Jepang berbatang besar ((jika dibandingkan bersama sosok pohonnya) bersama bagian bawah menyerupai umbi.

• Daun
o Daun Kamboja berwarna hijau, bersifat lonjong bersama pangkal daun meruncing sedang ujung daun tumpul. Panjang daun 20-40 cm bersama lebar pada 6-12,5 cm.
o Daun Adenium beragam. Umumnya bersifat runcing atau melanset bersama panjang daun pada 8 – 10 cm, dan lebar pada 0,5—1,5 cm. Warna bunga bervariasi mulai hijau tua, hijau muda, kekuningan, hingga kemerahan.

• Akar
o Akar Kamboja tidak membesar atau tidak membentuk umbi.
o Akar Adenium unik, membentuk umbi yang membesar sebagai tempat cadangan air dan makanan.

• Bunga
o Bunga Kamboja miliki aroma harum yang khas. Bunga bersifat terompet, kebanyakan terdiri atas lima mahkota, berwarna putih hingga merah keunguan,
o Bunga Adenium bersifat terompet bersama lima mahkota yang tepinya meruncing, atau bergerigi, atau membulat. Umumnya berwarna merah muda bersama 2-8 cm.

• Buah
o Buah Kamboja bersifat bumbung (gepeng memanjang) bersama panjang 18-20 cm dan diameter 1-2 cm. Berwarna hijau waktu muda kemerahan atau merah kecoklatan waktu muda dan jadi merah dan gelap waktu tua.
o Buah Adenium bersifat bumbung (gepeng memanjang) menyerupai tanduk bersama panjang 20-an cm.

• Spesies atau Jenis
o Plumeria alba; P. filifolia; P. inodora; P. magna; P. mariaelenae; P. obtusa; P. pudica; P. rubra; P. stenopetala; P. subsessilis.
o Adenium boehmianum; A. multiflorum; A. obesum; A. oleifolium; A. swazicum.

Itulah beberapa perbedaan terkait bersama bunga kamboja dan adenium. Meski sekilas keduanya mirip namun bersama beberapa perbedaan selanjutnya menjadikannya sebagai dua style bunga yang berbeda.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

5 Kado Wisuda Terbaik untuk Sahabat